Home » » TUTORIAL MEMBUAT PENAWARAN TENDER MENGGUNAKAN SOFTWARE RAB MSO

TUTORIAL MEMBUAT PENAWARAN TENDER MENGGUNAKAN SOFTWARE RAB MSO

<a href="http://rabmso.blogspot.com/2017/01/cara-membuat-rab-tender-cepat-dan.html">Cara Membuat RAB tender cepat dan otomatis</a>

RABMSO. Cara membuat Rencana Anggaran dan Biaya untuk tender menggunakan Software/ aplikasi RAB 'Mandiri Semi Otomatis' (RAB MSO) harus mengikuti tutorial yang telah disediakan untuk menghindari kebingungan para pengguna aplikasi 'RAB MSO' dan menghindari aplikasi ini tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Berikut ini cara atau tutorial membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya) menggunakan Software RAB MSO dalam rangka membuat penawaran untuk pelelangan proyek gedung dan proyek lainnya.


Cara membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya) untuk pekerjaan konstruksi selain membutuhkan skill atau pengetahuan di bidang konstruksi juga membutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam menghitung setiap item RAB itu sendiri, seperti penghitungan volume setiap pekerjaan atau volume sumber daya yang dibutuhkan untuk setiap pekerjaan, penghitungan analisa harga satuan untuk setiap pekerjaan, harga material atau satuan pekerjaan maupun kecermatan dalam setiap metode pekerjaan konstruksi yang akan dilaksanakan.

Namun sesuai dengan judul di atas penulis hanya akan membahas mengenai tutorial dalam membuat RAB menggunakan Software RAB MSO karena aplikasi ini sifatnya semi otomatis yaitu hanya sebagai sarana penghitungan secara cepat dan otomatis dalam pembuatan RAB untuk proyek konstruksi gedung dan konstruksi sipil lainnya tanpa membuang waktu kita hanya untuk hal-hal yang sudah pasti seperti penghitungan suatu anggaran dari data-data yang sudah kita miliki.

Berikut tutorial atau tahap-tahap dalam membuat penawaran untuk tender gedung dan tender lainnya menggunakan Software RAB MSO :
  1. DOWNLOAD RAB MSO VERSI MASTER DI SINI 
  2. EXTRACT FILE “RAB MSO Versi 1 atau 2 MASTER (KOSONGAN). rar” DENGAN CARA KLIK KANAN -> EXTRACT HERE 
  3. BUKA FILE “RAB MSO VERSI 1 atau 2 MASTER (KOSONGAN)”, AKAN MUNCUL SEPERTI INI :
  4. SEBELUM KITA MULAI MENGERJAKAN RAB MSO DENGAN MELAKUKAN KLIK “MULAI”, YG PERLU KITA PERHATIKAN ADALAH :
    • BACA “NOTE” (CATATAN) BAIK-BAIK DAN PAHAMI SUPAYA TIDAK ADA KESALAHAN DALAM MENGERJALAN RAB MSO INI. 
    •  KITA HANYA MENGERJAKAN SHEET WARNA KUNING SEPERTI DI BAWAH INI, YAITU : FORM ID, INPUT KODE & HARGA BAHAN DAN INPUT SCHEDULE. SEDANGKAN SHEET SURPEN, TOTAL REKAP, REKAP BQ, BQ, REKAP ANALISA, ANALISA, HARSAT BAHAN DAN SHEET2 LAINNYA SUDAH OTOMATIS DAN KITA HANYA MENYESUAIKAN SAJA PENGISIANNYA MAUPUN FORMATNYA.
  5. UNTUK MULAI MENGERJAKAN RAB SILAHKAN KLIK “MULAI”, MAKA AKAN MUNCUL SHEET SEPERTI DI BAWAH INI :
  6. SILAHKAN DIISI KOTAK YG BERWARNA PUTIH SESUAI DENGAN DATA PERUSAHAAN ANDA DAN SESUAI DGN DATA YG ADA DI DOKUMEN LELANG.
  7. DI BAWAH INI CONTOH DATA2 YG SUDAH DIISI :
    • TIPS :
    • DALAM MENGISI TANGGAL GUNAKAN TANGGAL TERAKHIR BATAS UPLOAD PENAWARAN (KARENA MASA BERLAKU PENAWARAN DIHITUNG MULAI TANGGAL YG KITA ISI DI SINI)
  8. JIKA SUDAH SELESAI MENGISI DATA SILAHKAN KLIK “NEXT” SEPERTI DI BAWAH INI :
  9. MAKA AKAN MENUJU SHEET SEPERTI DI BAWAH INI :
    • SILAHKAN DIISI NAMA2 BAHAN/ TENAGA/ ALAT FORM YG ADA DI KOTAK MERAH SESUAI BAHAN/TENAGA/ALAT YG AKAN DIGUNAKAN DALAM ANALISA/ RAB INI.
      TIPS :
    • ANDA BISA BACA PETUNJUK YG ADA DI ATAS , PADA GAMBAR DI BAWAH BACA PETUNJUK YG ADA DI DALAM KOTAK MERAH :
    • ANDA JUGA BISA BACA COMENT/ PETUNJUK YG ADA DI POJOK KOLOM SEPERTI DI BAWAH INI :
  10. SETELAH KITA ISI SEMUA NAMA TENAGA/ BAHAN/ ALAT YG AKAN DIGUNAKAN DALAM MEMBUAT RAB INI MAKA AKAN TERLIHAT SEPERTI DI BAWAH INI :
  11. SAMPAI DI SINI HARGA TENAGA/ BAHAN/ ALAT JANGAN DIISI DAHULU, SELANJUTNYA SILAHKAN DIPRINT SHEET “INPUT KODE HARGA BAHAN” INI UNTUK SELANJUTNYA DIGUNAKAN SEBAGAI CONTEKAN DALAM MENGISI KODE TENAGA/ BAHAN/ ALAT PADA SAAT MENGISI ANALISA HARGA SATUAN PEKERJAAN. SETELAH DIPRINT SELANJUTNYA KLIK “NEXT” YG ADA DI POJOK KANAN ATAS UNTUK MENGERJAKAN ANALISA HARGA SATUAN PEKERJAAN TERLEBIH DAHULU. MAKA AKAN TAMPAK SHEET SEPERTI GAMBAR DI BAWAH INI, SILAHKAN GESER DENGAN KLIK SESUAI YG DITUNJUK PANAH LALU TAHAN KEMUDIAN GESER KE ARAH KANAN.
  12. SETELAH DIGESER KE KANAN AKAN TAMPAK SEPERTI GAMBAR DI BAWAH INI. TANDA PADA PANAH ADALAH FORM YG HARUS ANDA ISI. ANDA DAPAT MEMBACA PETUNJUK YG ADA DI ATAS ATAU PADA COMENT YG ADA DI POJOK MASING2 KOLOM.
  13. DI BAWAH INI ADALAH CONTOH PENGISIAN ANALISA HARGA SATUAN PEKERJAAN YG SUDAH DIISI :
    • TIPS :
    • ANDA BISA MENGISI ANALISA HARGA SATUAN PEKERJAAN DGN MENULISKAN KELOMPOK PEKERJAAN DAHULU SEPERTI PADA CONTOH DI ATAS ADALAH PEKERJAAN PERSIAPAN LALU PADA BARIS BERIKUTNYA BARU DIISI NAMA PEKERJAAN, ATAU ANDA BISA LANGSUNG MENGISIKAN NAMA PEKERJAAN TANPA MENULIS NAMA KELOMPOK PEKERJAAN.
    • SETIAP MENULIS NAMA PEKERJAAN USAHAKAN DITULIS TERLEBIH DAHULU JUMLAH SATUAN PEMBAYARAN SEPERTI 1 M3 PEKERJAAN GALIAN BIASA, 1 M2 PEKERJAAN PLESTERAN, DLL. JADI MISALKAN ADA PEKERJAAN MEMBUAT BAJA TULANGAN POLOS DGN SATUAN PEMBAYARAN PER 1 M3, MAKA CARA PENULISANNYA YAITU : 1 M3 MEMBUAT BAJA TULANGAN POLOS.
    • MISALKAN ADA ANALISA MEMBUAT 10 KG PEMBESIAN DENGAN BESI POLOS ATAU BESI ULIR, MAKA ANDA BISA MEMASUKKAN/ MENULISKAN ANALISA UNTUK 10 KG DAHULU BARU DIMASUKKAN YG PER 1 KG SEPERTI CONTOH DI BAWAH INI :
    • MISALKAN ADA ANALISA DENGAN SALAH SATU ITEM/ BAHAN/ ALAT YG DIGUNAKAN ADALAH “PERLENGKAPAN” ATAU NAMA LAINNYA DAN KOEFESINNYA DISEBUTKAN SEBESAR 35 % DARI HARGA BAHAN UTAMA, MAKA PENGERJAAN ADALAH SEPERTI PADA CONTOH YG ADA DI RAB MSO VERSI BELAJAR 1 SEPERTI DI BAWAH INI :
  14. SETELAH SEMUA ANALISA HARGA SATUAN PEKERJAAN TERISI DAN PADA PETUNJUK YG ADA DI ATASNYA TIDAK MUNCUL “WARNING” MAKA PEKERJAAN BISA DILANJUTKAN MENG-HIDE BARIS2 YG TIDAK DIGUNAKAN DENGAN CARA BLOK BARIS2 YG TIDAK DIGUNAKAN (BARIS YG ADATULISAN “HIDE BARIS INI”) LALU KLIK KANAN KLIK “HIDE”.
  15. SETELAH MENGATUR BARIS DAN BATAS2 PRINT (YG BERWARNA BIRU) SELANJUTNYA KE SHEET BERIKUTNYA DENGAN KLIK “NEXT” YG ADA DI POJOK KANAN ATAS. SELANJUTNYA AKAN MENUJU KE SHEET SEPERTI GAMBAR DI BAWAH INI. SILAHKAN DIISI HARGA TENAGA/ BAHAN/ ALAT SESUAI DENGAN HARGA SETEMPAT. HANYA NAMA TENAGA/ BAHAN/ ALAT YG ADA TULISANNYA “DIPAKAI” SAJA YG DIISI.
  16. BERIKUT ADALAH CONTOH SHEET “INPUT KODE & HARGA BAHAN” YG SUDAH DIISI :
  17. JIKA HARGA TENAGA/ BAHAN/ ALAT YG DIPAKAI SUDAH DIISI SEMUA, SELANJUTNYA KLIK “NEXT” YG ADA DI POJOK KANAN ATAS. SELANJUTNYA KITA AKAN MENUJU SHEET “HARSAT BAHAN” SEPERTI GAMBAR DI BAWAH INI :
  18. SHEET “HARSAT BAHAN” INI SUDAH OTOMATIS TERISI, ANDA TINGGAL MENG-HIDE BARIS2 YG TIDAK DIGUNAKAN DGN CARA BLOK BARIS2 YG TIDAK DIGUNAKAN LALU KLIK KANAN, KLIK “HIDE”. SETELAH ITU ATUR BATAS2 PRINT YG BERWARNA BIRU.
  19. SETELAH MENGATUR SHEET “HARSAT BAHAN” SELANJUTNYA KLIK “NEXT” YG ADA DI POJOK KANAN ATAS, KITA AKAN MENUJU KE SHEET “REKAP ANALISA” SEPERTI DI BAWAH INI :
  20. SHEET “REKAP ANALISA” INI SUDAH OTOMATIS TERISI, ANDA TINGGAL MENG-HIDE BARIS2 YG TIDAK DIGUNAKAN DGN CARA BLOK BARIS2 YG TIDAK DIGUNAKAN LALU KLIK KANAN, KLIK “HIDE”. SETELAH ITU ATUR BATAS2 PRINT YG BERWARNA BIRU.
  21. SETELAH MENGATUR SHEET “REKAP ANALISA” SELANJUTNYA KLIK “NEXT” YG ADA DI POJOK KANAN ATAS, KITA AKAN MENUJU KE SHEET “REKAP ANALISA” SEPERTI DI BAWAH INI :
  22. SILAHKAN DIISI FORM YG DI DALAM KOTAK MERAH YAITU KODE ANALISA, JENIS PEKERJAAN DAN PERKIRAAN KUANTITAS SESUAI YG ADA PADA DOKUMEN LELANG.
  23. JIKA SUDAH DIISI SEMUA SESUAI DOKUMEN LELANG DAN VOLUME PEKERJAAN SUDAH DICEK LAGI KEBENARNNYA (SUDAH SAMA DGN DOKUMEN LELANG), SELANJUTNYA SILAHKAN DIISI HARGA TIAP2 JENIS PEKERJAAN DENGAN MENGISI KODE ANALISA PADA KOLOM S.
  24. DI BAWAH INI CONTOH SHEET “BoQ” YG SUDAH DIISI HARGA TIAP2 JENIS PEKERJAAN DENGAN KODE ANALISA. SETELAH HARGA TERISI AKAN MUNCUL KODE TOTAL DAN KODE SUB TOTAL YG AKAN DIGUNAKAN UNTUK MENGISI TOTAL HARGA TIAP2 KELOMPOK PEKERJAAN PADA SHEET “REKAP BoQ”.
  25. SELANJUTNYA SILAHKAN HIDE BARIS2 YG TIDAK DIGUNAKAN DGN CARA BLOK BARIS2 YG TIDAK DIGUNAKAN LALU KLIK KANAN, KLIK “HIDE”. SETELAH ITU ATUR BATAS2 PRINT YG BERWARNA BIRU.
  26. SELANJUTNYA SILAHKAN KLIK “NEXT” YG ADA DI POJOK KANAN ATAS, MAKA KITA AKAN MENUJU PADA SHEET “REKAP BoQ” SEPERTI DI BAWAH INI. SILAHKAN DIISI NOMOR DAN JENIS PEKERJAAN SESUAI REKAP JENIS PEKERJAAN YG ADA PADA DOKUMEN LELANG.
  27. JIKA NOMOR DAN JENIS PEKERJAAN SUDAH DIISI, SELANJUTNYA SILAHKAN DIISI KODE HARGA UNTUK TIAP2 JENIS PEKERJAAN DGN MELIHAT KODE SUB TOTAL TIAP2 KELOMPOK PEKERJAAN YG ADA DI BoQ. LIHAT GAMBAR DI BAWAH INI.
  28. BERIKUT ADALAH CONTOH SHEET "REKAP BoQ" YG SUDAH DIISI KODE HARGA DAN MUNCUL JUMLAH HARGA SECARA OTOMATIS.
  29. SELANJUTNYA SILAHKAN DIHIDE BARIS2 DAN KOLOM YG YG TIDAK DIGUNAKAN DGN CARA BLOK BARIS2 YG TIDAK DIGUNAKAN ATAU KOLOM YG TIDAK DIGUNAKAN LALU KLIK KANAN, KLIK “HIDE”. PADA GAMBAR DI ATAS BARIS2 YG TIDAK DIGUNAKAN TERDAPAT PADA BARIS 6 (NAMA PROGRAM YG TIDAK DIISI), BARIS 7 (NAMA KEGIATAN YG TIDAK DIISI), BARIS 9 DAN BARIS 25 KE BAWAH. SEDANGKAN KOLOM YG TIDAK DIGUNAKAN ADALAH KOLOM I.
  30. KARENA KOLOM I KITA HIDE, MAKA LEBAR FORM REKAP BOQ INI AKAN MENJADI BERKURANG, MAKA KITA AKAN ATUR KEMBALI LEBAR FORM AGAR SESUAI DGN LEBAR KERTAS SAAT KITA AKAN MEMBUAT HARD COPY NANTINYA. CARA PENGATURANNYA YAITU DGN CARA :
    • (1) KLIK “PAGE LAYOUT”
      (2) KLIK POJOK KANAN BAWAH
      SEHINGGA AKAN MUNCUL POP UP SEPERTI GAMBAR DI BAWAH INI :
      SILAHKAN ANDA ISI PENGATURANNYA SESUAI GAMBAR DI ATAS, LALU KLIK “OK”. SETELAH ITU ATUR BATAS2 PRINT YG BERWARNA BIRU.
  31. SETELAH SELESAI MENGERJAKAN SHEET “REKAP BoQ” SERTA PENGATURAN FORMNYA, SELANJUTNYA SILAHKAN KLIK “NEXT” UNTUK MENUJU SHEET “SURPEN” ATAU SURAT PENAWARAN SEPERTI GAMBAR DI BAWAH INI :
    • TIPS :
    • PERHATIKAN TULISAN YG DILINGKARI SEBELAH KANAN, ANDA HARUS MERUBAH ISI SURAT PENAWARAN ANDA SESUAI DGN YG ADA PADA DOKUMEN LELANG.
  32. SETELAH SURAT PENAWARAN SELESAI DIBUAT DAN KOP SUDAH DIINSERT, SELANJUTNYA SILAHKAN KLIK “NEXT” UNUTK MENUJU SHEET “INPUT SCHEDULE” SEPERTI GAMBAR DI BAWAH INI. SILAHKAN ANDA ISI FORM2 YG DITUNJUK OLEH PANAH. YAITU PADA MINGGU KE BERAPA (DAN KE BERAPA) UNTUK TIAP2 JENIS PEKERJAAN DIKERJAKAN. DAN DALAM WAKTU BERAPA MINGGU UNTUK TIAP2 PEKERJAAN SELESAI DIKERJAKAN. PENGISIAN INI JUGA MEMPERHATIKAN JANGKA WAKTU PELAKSANAAN YG TERTERA PADA POJOK KANAN ATAS DAN TARGET PERMINGGU YG SUDAH SECARA OTOMATIS DAPAT KITA LIHAT DI SEBELAH KANAN SAAT KITA MENGISI FORM INI.
  33. CONTOH SHEET “INPUT SCHEDULE” YG SUDAH DIISI DAPAT KITA LIHAT SEPERTI GAMBAR DI BAWAH INI :
  34. SETELAH KITA ISI JADWAL SELURUH PEKERJAAN PADA TIAP2 MINGGUNYA DAN KITA LIHAT PROGRES SUDAH 100 BERARTI KITA SUDAH SELESAI MEMBUAT SCHEDULE PELAKSANAAN, SELANJUTNYA TINGGAL MENGATUR KURVA S YG ADA PADA SHEET SELANJUTNYA. SILAHKAN KLIK “NEXT” UNTUK MENUJU SHEET “SCHEDULE JADI” SEPERTI GAMBAR DI BAWAH INI :
  35. SEBELUM MENGATUR KURVA S, SILAHKAN TERLEBIH DAHULU DIHIDE KOLOM2 YG TIDAK DIGUNAKAN YAITU KOLOM YG TERDAPAT TULISAN “HIDE” DGN CARA BLOK KOLOM2 TERSEBUT LALU KLIK KANAN, KLIK “HIDE”.
  36. SELANJUTNYA KITA HIDE DULU BARIS2 YG TIDAK DIGUNAKAN DGN CARA BLOK BARIS2 YG TIDAK DIGUNAKAN LALU KLIK KANAN, KLIK “HIDE”. SETELAH ITU ATUR BATAS2 PRINT YG BERWARNA BIRU.
  37. UNTUK MENGATU KURVA S SILAHKAN DIKLIK PADA BAGIAN KURVA LALU KLIK KANAN -> PILIH “SELECT DATA” MAKA AKAN MUNCUL POP UP SEPERTI DI BAWAH INI :
    • SILAHKAN SAMAKAN PENGISIAN “CHART DATA RANGE” YG ADA PADA KOTAK POP UP DI ATAS DGN TULISAN WARNA KUNING YG ADA DI ATAS FORM SCHEDULE. LIHAT GAMBAR DI BAWAH INI :
      SETELAH SELESAI KEMUDIAN KLIK “OK”. SELANJUTNYA SILAHKAN DIATUR PENEMPATAN KURVA S DGN CARA MENGGESER KURVA AGAR SESUAI DAN SETELAH ITU SILAHKAN ATUR BATAS2 PRINT YG BERWARNA BIRU.
  38. SETELAH SELESAI SELANJUTNYA SILAHKAN KLIK “NEXT” YG ADA DI POJOK KANAN ATAS UNTUK MENUJU SHEET “SCHEDULE MOBILISASI TENAGA", "SCHEDULE MOBILISASI BAHAN/ MATERIAL" DAN "SCHEDULE MOBILISASI ALAT" YG SUDAH OTOMATIS JADI DAN KITA HANYA MENGATUR BATAS2 PRINT YG BERWARNA BIRU DAN MENG-HIDE BARIS2 DAN KOLOM2 YG TIDAK DIGUNAKAN.
  39. SILAHKAN KLIK “NEXT” UNTUK MENUJU SHEET2 BERIKUTNYA DIANTARANYA “TKDN”, “SCHEDULE PENGGUNAAN TENAGA, BAHAN/ MATERIAL DAN ALAT”, “RINCIAN BIAYA DAN SUMBER DAYA YG DIBUTUHKAN UNTUK TIAP2 JENIS KEGIATAN PROYEK” DAN “TOTAL REKAPITULASI KEBUTUHAN TENAGA, BAHAN/ MATERIAL DAN ALAT” YG KESEMUANYA TELAH TERISI OTOMATIS DAN KITA HANYA MENGATUR BATAS2 PRINT YG BERWARNA BIRU DAN MENG-HIDE BARIS2 DAN KOLOM2 YG TIDAK DIGUNAKAN.
  40. JIKA ADA SHEET2 YG TIDAK DIBUTUHKAN ATAU TIDAK DIPERSYARATKAN ANDA BISA HIDE SHEET TERSEBUT DAN SEBELUM PEKERJAAN RAB ANDA DICONVERT KE PDF, SHEET2 YG TIDAK DIPERLUKAN JUGA ANDA HIDE. SHEET2 YG TIDAK DIBUTUHKAN DALAM PENAWARAN SUDAH ADA TULISAN “HIDE SHEET INI” PADA POJOK KIRI ATAS SEPERTI GAMBAR DI BAWAH. UNTUK MENG-HIDE SHEET YG TIDAK DIBUTUHKAN YAITU DGN CARA TARUH KURSOR PADA SHEET YG HENDAK DIHIDE LALU KLIK KANAN -> KLIK “HIDE”. LIHAT GAMBAR DI BAWAH :
    • TIPS :
    • UNTUK MENGCONVERT FILE RAB MSO ANDA KE PDF, ANDA BISA BACA CARANYA DI SINI

DEMIKIAN TUTORIAL/ LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT PENAWARAN TENDER MENGGUNAKAN SOFTWARE RAB MSO VERSI MASTER, SEMOGA BERMANFAAT. JIKA ADA KEKURANGAN DALAM PENJELASAN TUTORIAL INI KAMI MOHON MAAF DAN ANDA BISA TANYA2 LANGSUNG KE KAMI MELALUI WA DI 085225453283 SETELAH ANDA MENDAPATKAN SOFTWARE RAB MSO VERSI MASTER. ANDA JUGA BISA DOWNLOAD TUTORIAL INI (VERSI PDF) DI SINI.

1 comments: